Monday, November 14, 2016

Foto Pakaian dan Perlengkapan Jerman Hasil Rampasan

BENDERA
 Foto terkenal yang memperlihatkan Private James W. "Jim" Flanagan (14 Maret 1923 - 8 Desember 2005), Komandan 2nd platoon / C Company / 502nd Parachute Infantry Regiment / 101st Airborne Division, yang sedang memegang bendera Swastika hasil rampasan. Foto ini diambil di Marmion, Prancis, di pagi hari pertama serbuan Sekutu ke Normandia, yang dikenal pula dengan nama D-Day. Flanagan terjun dengan parasut di Normandia beberapa jam sebelum Divisi Infanteri ke-4 Amerika Serikat mendarat di Utah Beach (Pantai Utah), tanggal 6 Juni 1944. Dia dan rekan-rekan setimnya sengaja diterjunkan dari udara di waktu malam untuk menetralisir perlawanan Jerman di wilayah sekitar pantai. Setelah mendarat di Ravenoville dan menguasai markas musuh di komplek pertanian terdekat, mobil pertama yang Flanagan dan kawan-kawannya lihat adalah milik dari fotografer INS (International News Service). Waktu itu adalah pukul 09:00 pagi, yang merupakan tiga jam pertama dari 'Hari Terpanjang' dalam Perang Dunia II. Prajurit-prajurit terjun payung ini memberikan waktu sebentar untuk berpose di depan sang fotografer. Flanagan, yang berdiri dengan bangga di tengah, tersenyum sambil memegang bendera Nazi yang telah "dibebaskan" dari pos komando musuh di komplek pertanian tersebut. Stahlhelm Jerman yang terletak di bawah foto tetap berada di tempatnya dari sejak terlepas dari prajurit Jerman yang tewas saat mempertahankan tempat tersebut. Ketika foto ini dikirim ke tanah air, dia menjadi salah satu gambar suratkabar yang paling banyak didistribusikan dari peristiwa D-Day. Benderanya sendiri kemudian disimpan oleh Flanagan selama berpuluh-puluh tahun, sebelum didonasikan ke General Donald Pratt 101st Airborne Museum di Fort Campbell, Kentucky, pada tanggal 10 Juni 1986, yang menjadi tempatnya berada sampai saat ini. Sebagai identifikasi orang-orangnya, dari kiri ke kanan: Private First Class Arthur A. Justice (B/502), unknown, Private Justo Correa (A/506), Private First Class Arthur J. Barker (B/502), Private Joe E. Ridgeway (B/502), Private James "Jim" Flanagan (C/502), Private Norwood B Newinger (B/502), Jerry Giarritano (memegang golok), Corporal Earl H. Butz (HQ/502), dan Sergeant Smith C. Fuller (B/502)


Setelah pertempuran usai, para pemenang dari 3/502nd Parachute Infantry Regiment memamerkan hasil rampasan mereka: sebuah bendera Swastika! Dari kiri ke kanan: Lieutenant Colonel Robert G. Cole, 1st Sergeant Hubert Odom (DSC, G/502), Staff Sergeant Robert P. O'Reilly (HQ, 3/502), dan Major John P. Stopka (XO, 3/502)

----------------------------------------------------------------------------

SERAGAM

 Foto ini diambil pada tanggal 11 Juli 1944 dan memperlihatkan dua orang prajurit Kanada, Private Bob Miller dari Comberlin (Vancouver) dan Private Randall Hillis dari Calgary, yang memamerkan seragam perwira SS model M43 - dengan modifikasi 'faux box pleats' di keempat sakunya - yang merupakan hasil rampasan mereka, lengkap bersama buku Mein Kampf serta medali-medali yang terpasang (Infanterie-Sturmabzeichen, Verwundetenabzeichen dan pita Eisernes Kreuz II.Klasse). Terlihat bahwa insignia unit dari sang prajurit di sebelah kiri telah mendapat sensor berwarna merah. Foto-foto yang dikeluarkan oleh CAFPU (Canadian Army Film and Photo Unit) biasanya telah diproses dari sejak di lapangan mula. Kalau memang dirasa perlu, maka simbol-simbol dan insignia yang memperlihatkan identitas unitnya akan segera disensor dengan cara menutupi negatifnya. Foto tersebut kemudian diberi tambahan teks dan disaring untuk dipilih mana yang akan dikeluarkan ke khalayak umum. Pada proses penyaringan ini akan dilakukan lagi sensor tambahan, baru kemudian si foto di cap dengan stempel khusus dan dipublikasikan


Sumber : 
Buku "101st Airborne: The Screaming Eagles in World War II" karya Mark Bando
Buku "The Americans on D-Day: A Photographic History of the Normandy Invasion" karya Martin Morgan 
www.wehrmacht-awards.com

No comments: