Saturday, March 28, 2015

Shield (Perisai) Kampanye Militer Jerman



Oleh : Alif Rafik Khan

Penggunaan Perisai (Shield) untuk memperingati pertempuran atau kampanye militer besar tidak hanya terjadi di masa Perang Dunia II saja, tapi sudah dilakukan oleh Angkatan Bersenjata Jerman / Prusia berpuluh-puluh tahun sebelumnya. Meskipun metodenya sendiri menarik dan membuat si prajurit penerima bertambah "bling bling", tapi pemakaiannya sendiri tidak bisa seenaknya karena terdapat peraturan yang membatasi seberapa banyak Shield yang dapat dipakai oleh si prajurit. Shield semacam ini dipakai secara permanen di lengan kiri atas dari seragam tugas atau jaket yang digunakan. Seorang prajurit dapat dianugerahi Shield kedua dan biasanya Shield tambahan tersebut diletakkan 5mm di bawah Shield pertama.

Dalam kancah Perang Dunia II terdapat tiga macam Shield yang diproduksi: Shield resmi keluaran Wehrmacht dan dianugerahkan kepada prajurit yang berhak; Shield resmi keluaran Wehrmacht tapi tidak sempat untuk diproduksi; dan Shield tidak resmi yang dibuat di lapangan oleh prajurit yang bertempur di front dan biasanya dalam keadaan terkepung oleh musuh. Yang terakhir ini berlangsung di akhir-akhir peperangan dan biasanya keberadaannya sendiri masih menjadi kontroversi apakah benar-benar diproduksi atau hanya sampai tahap prototipe saja.


Contoh pemakaian Shield Wehrmacht oleh yang punya blog yang cool-nya diluar batas kewajaran alam jin!


Bagi anda yang berminat untuk mendapatkan Shield-Shield keren Wehrmacht tersebut maka tidak usah khawatir karena anda bisa membelinya disini dengan harga Rp 150.000,-/buah (belum termasuk ongkos kirim). Apabila semua Shield dibeli (tujuh buah), maka akan diberikan diskon Rp 20.000,- sehingga harga totalnya adalah Rp 840.000,- (dari seharusnya Rp 1.050.000,-), dan sudah bebas ongkos kirim! Untuk pemesanannya sendiri bisa melalui email: alifrafikkhan@gmail.com atau HP/WA 0856-2007755. Untuk pembayarannya bisa dialamatkan ke rekening BCA 3770149389 atau Mandiri 9000003384550 (Sukabumi) a/n ALIF RAFIK KHAN. 


------------------------------------------------------------------------------

SHIELD RESMI

NARVIKSCHILD (NARVIK SHIELD)
Mulai dikeluarkan tanggal 19 Agustus 1940 dan diberikan kepada para personil Wehrmacht yang ikut serta dalam Pertempuran Narvik di Norwegia (9 April - 9 Juni 1940). Bagian utama Shield ini dirancang untuk merepresentasikan tiga kekuatan yang ambil bagian dalam pendudukan Narvik: bunga Edelweiss mewakili Gebirgsjäger (Pasukan Gunung), jangkar mewakili Kriegsmarine (Angkatan Laut), dan baling-baling mewakili Luftwaffe (baik pasukan udara maupun daratnya, Fallschirmjäger)


KRIMSCHILD (KRIM SHIELD)
Mulai dikeluarkan tanggal 7 Juli 1942 dan diberikan kepada para personil Wehrmacht yang berperan dalam pendudukan Krimea dan Sebastopol di bawah pimpinan Generalfeldmarschall Erich von Manstein (26 September 1941 - 4 Juli 1942). Desain utama dari Shield ini berbentuk Semenanjung Krim yang menjadi medan pertempuran, dengan Hohetsabzeichen terkembang di bagian atasnya. Jenderal Von Manstein sendiri kemudian dianugerahi Krimschild khusus yang bersepuh emas, juga Marsekal Ion Antonescu dari Rumania yang membantu gerak majunya ke wilayah musuh


DEMJANSKSCHILD (DEMYANSK SHIELD)
 Mulai dikeluarkan tanggal 25 April 1943 dan diberikan kepada para personil Wehrmacht yang terkepung dalam Kantong Demyansk (8 Februari - 20 Mei 1942). Desain utama Shield ini berbentuk sebuah pesawat pengintai kecil bermesin tunggal dengan dua buah pedang bersilang di bawahnya. Sedikit di bagian atas terdapat bentuk dua buah bunker pertahanan dengan moncong senjata terarah ke muka. Uniknya, tidak seperti Shield lainnya, peraturan mensyaratkan bahwa Demjanskchild harus dipakai di lengan kanan dan bukannya lengan kiri, dengan personil Waffen-SS menempatkannya di atas simbol elang (Hoheitsabzeichen)


CHOLMSCHILD (KHOLM SHIELD)
Diberikan kepada para personil Wehrmacht yang terkepung dalam Kantong Kholm, selatan Leningrad (23 Januari - 5 Mei 1942). Dalam pertempuran hidup-mati yang kemudian terjadi, 6000 orang prajurit Jerman di bawah pimpinan Generalmajor Theodor Scherer berhasil menangkal setiap upaya pasukan Soviet untuk menerobos dan menduduki kota kecil tersebut. Desain dasar dari Cholmshield sendiri dibuat oleh jenderal Scherer bersama dengan Rotwachtmeister Schlimmer, dan kemudian disempurnakan oleh Profesor Klein


 
KUBANSCHILD (KUBAN SHIELD)
Mulai dikeluarkan tanggal 21 September 1943 dan diberikan kepada para personil Wehrmacht yang mempertahankan mati-matian jembatan penghubung di wilayah Kuban sehingga memungkinkan pasukan Jerman yang terdesak untuk mundur secara teratur dari wilayah Kaukasus (Januari - Oktober 1943). Desain utama Shield ini berbentuk wilayah Kuban yang menjadi pusat pertempuran, dengan sudut-sudut seperti tangga di tengah merepresentasikan garis pertahanan Jerman. Tiga nama jembatan penghubung utama yang menjadi saksi pertempuran brutal turut disertakan pula dalam Shield ini: “KRYMSKAJA” (tengah), “LAGUNEN” (dekat atas), dan “NOWORO; SSIJSK” (bawah)

------------------------------------------------------------------------------

SHIELD TIDAK RESMI

 LAPPLANDSCHILD (LAPLAND SHIELD)

STALINGRADSCHILD (STALINGRAD SHIELD)


WARSCHAUSCHILD (WARSAW SHIELD)



Sumber :

No comments: