Monday, October 27, 2014

Gewehr G-43, Senapan Semi-Otomatis Wehrmacht




Oleh : Waffen Armee

Pada tahun 1941, Nazi Jerman menginvasi Uni Soviet sebagai bagian dari Operasi Barbarossa. Sesaat sebelum dibukanya permusuhan, Tentara Merah Soviet mulai kembali mempersenjatai infanterinya, melengkapi senapan bolt-action tua dengan senapan semi otomatis SVT-38 dan SVT-40. Hal ini agak mengejutkan Jerman, yang mulai memproduksi senapan semi otomatis terus menerus untuk menopang angkatan bersenjata mereka.

Seri senapan SVT menggunakan mekanisme gas yang sederhana, yang segera ditiru oleh Walther di Gewehr 41 (G-41, versi senapan semi otomatis sebelumnya), memproduksi Gewehr 43 (G-43). Desainnya yang kokoh dibuat dengan sederhana, menjadi lebih ringan dari senapan semi otomatis G-41. Divisi Gunung Jerman pun menggunakan senapan ini untuk mendaki.

Tambahan boks magasin yang berisi 10 peluru bisa dilepas pada G-43 adalah peningkatan lebih dari boks magasin G-41. G-43 ini ditujukan, seperti G-41, yang akan diisi peluru kembali dengan menggunakan 5 pengupas klip peluru tanpa melepas magasin. Tentara yang bersenjatakan senapan ini biasanya membawa satu kantung pengupas klip standar dan kantung G-43 dengan dua magasin cadangan.

Gewehr 43 telah dimasukkan ke dalam produksi pada bulan Oktober 1943, dan diikuti pada tahun 1944 oleh Karabiner 43 (K-43), yang serupa dengan G43 dalam segala hal kecuali untuk huruf yang di cap di samping. Perubahan nama dari Gewehr untuk Karabiner adalah karena fakta senapan itu sebenarnya hanya 2 cm lebih panjang dari Karabiner 98k standar, dan oleh karena itu penamaan "Langen Gewehr" (senapan panjang) terasa agak aneh.

Wehrmacht bertujuan untuk membekali setiap anggota grenadier (infanteri) dengan 19 pucuk G-43, 10 di antaranya dilengkapi dengan teleskop pembidik jarak jauh, karena komandan kompi melihat kecocokan. Namun masalah ini tidak pernah benar-benar tercapai.

Total produksi hingga akhir perang mencapai 402.713 dari kedua model, termasuk sedikitnya 53.435 senapan sniper. Teleskop pembidik jarak jauh yang digunakan umumnya adalah Zielfernrohr 43 (ZF-4) dengan perbesaran 4x.

Senjata ini awalnya dirancang untuk digunakan dengan peluncur granat Schiessbecher (standar pada Karabiner 98k juga) dan supresor Schalldämpfer, namun aksesoris ini dianggap gagal dalam tes dan dicabut sebelum senapan berhasil mencapai produksi serial. Senapan ini juga tidak dilengkapi untuk dipasangkan bayonet.

Senjata ini tetap digunakan hingga akhir perang oleh Angkatan Bersenjata Cekoslowakia untuk beberapa tahun. Demikian juga dengan pasukan penjaga perbatasan Jerman Timur dan Volkspolizei, yang menerbitkan ulang G-43, yang dikenali dengan tanda bukti berbentuk matahari dekat nomor seri dan nomor seri terukir oleh electropencil pada komponen yang dilepas.




No comments: