Thursday, October 9, 2014

Foto Reuni Tokoh Third Reich

1930-an

  
Pertemuan 19 orang mantan penerbang Kekaisaran Jerman dalam Perang Dunia Pertama - yang juga adalah peraih Pour le Mérite - di Landwehr-Kasino, Berlin, dalam acara 'Friedrichstag' pada tanggal 23 Januari 1934. Friedrichstag sendiri adalah peringatan kelahiran dari Friedrich The Great, pemimpin terbesar Prusia yang memerintah dari tahun 1740 s/d 1786. Sebagai identifikasinya, duduk di baris depan dari kiri ke kanan: Robert Ritter von Greim (Pour le Mérite pada tanggal 14 Oktober 1918 sebagai Oberleutnant dan Staffelführer Jagdstaffel 34), Bruno Loerzer (Pour le Mérite pada tanggal 12 Februari 1918 sebagai Oberleutnant dan Staffelführer Jagdstaffel 26), dan Ernst Udet (Pour le Mérite pada tanggal 9 April 1918 sebagai Leutnant der Reserve dan Staffelführer Jagdstaffel 4). Berdiri dari kiri ke kanan: Dr.Ing. h.c. Hermann Köhl (pakaian sipil. Pour le Mérite pada tanggal 21 Mei 1918 sebagai Hauptmann dan Kommandant Bombengeschwader der Obersten Heeresleitung Nr. 7), Hans-Georg Horn (Pour le Mérite pada tanggal 23 Desember 1917 sebagai Leutnant dan Beobachter Infanterie-Flieger), Carl "Charly" Degelow (Pour le Mérite pada tanggal 8 November 1918 sebagai Leutnant dan Jagdlieger di Jagdstaffel 40), Heinrich Bongartz (Pour le Mérite pada tanggal 23 Desember 1917 sebagai Leutnant dan Staffelführer Jagdstaffel 36), Karl Bolle (Pour le Mérite pada tanggal 21 Agustus 1918 sebagai Rittmeister dan Staffelführer Jagdstaffel 2), Paul Freiherr von Pechmann (seragam Angkatan Darat. Pour le Mérite pada tanggal 31 Juli 1917 sebagai Oberleutnant dan Beobacher di Feldflieger-Abteilung 6), Josef Veltjens (pakaian sipil. Pour le Mérite pada tanggal 16 Agustus 1918 sebagai Oberst der Reserve dan Kommandant Jagdgeschwader II), Gotthard Sachsenberg (seragam Angkatan Laut. Pour le Mérite pada tanggal 5 Agustus 1918 sebagai Oberleutnant zur See dan Kommandant Marine Jagdgruppe Flandern), Josef Jacobs (Pour le Mérite pada tanggal 18 Juli 1918 sebagai Leutnant dan Staffelführer Jagdstaffel 7), Erich Homburg (Pour le Mérite pada tanggal 13 Oktober 1918 sebagai Oberleutnant dan Führer Flieger-Abteilung 260), Albert Müller-Kahle (Pour le Mérite pada tanggal 13 Oktober 1918 sebagai Oberleutnant dan Führer Flieger-Abteilung 6), Oskar Freiherr von Boenigk (Pour le Mérite pada tanggal 25 Oktober 1918 sebagai Oberleutnant dan Kommandeur Jagdgeschwader 2), Arthur Laumann (Pour le Mérite pada tanggal 25 Oktober 1918 sebagai Leutnant dan Staffelführer Jagdstaffel 10), Eduard Ritter von Schleich (Pour le Mérite pada tanggal 4 Desember 1917 sebagai Oberleutnant der Reserve dan Staffelführer Jagdstaffel 32b), Otto Könnecke (Pour le Mérite pada tanggal 26 September 1918 sebagai Leutnant dan Flieger di Jagdstaffel 5), dan Julius Buckler (Pour le Mérite pada tanggal 4 Desember 1917 sebagai Leutnant dan Flieger di Jagdstaffel 17) - dua yang disebut terakhir tidak terlihat di foto ini dan berada di sebelah kanan von Schleich

---------------------------------------------------------------------------------

1950-an

 Para mantan anggota Waffen-SS berbaris di jalanan dengan diawasi oleh pandangan waspada petugas Polisi Militer Inggris (kiri). Mereka datang dalam acara reuni pasca perang para mantan anggota Waffen-SS (Nachkriegstreffen der Waffen-SS) yang diselenggarakan di Verden, Niedersachsen (Jerman), pada tanggal 27 Oktober 1952. Kemungkinan besar foto ini diambil sewaktu peletakan karangan bunga untuk mengenang para rekan seperjuangan yang telah gugur dalam Perang Dunia II. Baris kedua setelah pembawa karangan bunga adalah para pemimpin mereka, dari kiri ke kanan: Hermann-Bernhard Ramcke, Felix Steiner dan Herbert-Otto Gille. Ramcke adalah mantan jenderal Fallschirmjäger, sementara Steiner dan Gille sama-sama mantan komandan Divisi SS "Wiking". Ramcke dan Gille adalah sama-sama peraih medali Brillanten zum Ritterkreuz, sementara Steiner "hanya" mendapatkan Schwerter zum Ritterkreuz (satu tingkat lebih bawah dibandingkan Brillanten)


Dari kiri ke kanan: Hermann-Bernhard Ramcke, Felix Steiner dan Herbert-Otto Gille. Mereka datang dalam acara reuni pasca perang para mantan anggota Waffen-SS (Nachkriegstreffen der Waffen-SS) di Verden, Niedersachsen (Jerman), pada tanggal 27 Oktober 1952. Ramcke adalah mantan jenderal Fallschirmjäger, sementara Steiner dan Gille sama-sama mantan komandan Divisi SS "Wiking". Ramcke dan Gille adalah sama-sama peraih medali Brillanten zum Ritterkreuz, sementara Steiner "hanya" mendapatkan Schwerter zum Ritterkreuz (satu tingkat lebih bawah dibandingkan Brillanten)


 Empat orang jenderal SS tak lama setelah dibebaskan dari kamp tawanan Soviet, berfoto bareng di Pusat Repatriasi Friedland tahun 1955. Dari kiri ke kanan: SS-Gruppenführer und Generalleutnant der Polizei Johann "Hans" Rattenhuber ( 30 April 1897 – 30 Juni 1957), SS-Brigadeführer und Generalmajor der Waffen-SS Gustav Lombard (10 April 1895 – 18 September 1992), SS-Brigadeführer und Generalmajor der Waffen-SS Wilhelm Mohnke (15 Maret 1911 - 6 Agustus 2001), dan SS-Brigadeführer und Generalmajor der Waffen-SS Dr.iur. Dr.rer.pol. Hermann Haertel (12 Mei 1893 - 21 Januari 1970)


 Felix Steiner (tengah) saat baru tiba di lapangan udara Malmi dalam acara kunjungannya ke Helsinki, Finlandia, bulan Agustus 1956. Setelah Perang Dunia II usai, sang mantan jenderal Waffen-SS ini tetap menjalin hubungan baik dengan mantan anakbuahnya, yang sebagian besarnya adalah para sukarelawan asing dari luar negeri. Di sebelah kiri Steiner adalah Aarne Roiha, sementara di kanannya adalah Unto Parvilahti. Dua-duanya adalah ex prajurit Waffen-SS dari Finlandia


Mantan jenderal Waffen-SS Felix Steiner (tengah) berfoto bersama dengan para ex sukarelawan SS asal Finlandia di Helsinki (Finlandia) di tahun 1956. Mereka semua adalah bekas anakbuah Steiner dalam Perang Dunia II, baik saat menjabat sebagai Komandan SS-Division "Wiking" maupun setelah menjadi Komandan III. SS-Panzerkorps (germanische). Identitas dua orang wanita yang mengapit Steiner sendiri tidak diketahui. Yang jelas, mereka berdua (atau salah satu diantaranya) bukanlah istri sang jenderal, karena sepanjang hidupnya Steiner tidak pernah menikah atau bahkan menunjukkan ketertarikan terhadap lawan jenis!

Jamuan makan para veteran Waffen-SS dalam acara pertemuan anggota OdR (Ordensgemeinschaft der Ritterkreuzträger) yang diselenggarakan di Regensburg pada tahun 1958. Dari kiri ke kanan: Heinz Lammerding, Heinz Macher (belakang), Ernst August Krag dan Ernst Barkmann. Dalam Perang Dunia II mereka sama-sama bertugas di Divisi SS "Das Reich" dan juga sama-sama merupakan peraih Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes (Ritterkreuzträger). Yang membedakan adalah satuan cabang mereka: Lammerding adalah mantan komandan divisi, Macher dari SS-Panzergrenadier-Regiment 3 "Deutschland", Krag dari SS-Panzeraufklärungs-Abteilung 2 "Das Reich", dan Barkmann berasal dari SS-Panzer-Regiment 2 "Das Reich"


Jamuan makan para veteran Waffen-SS dalam acara pertemuan anggota OdR (Ordensgemeinschaft der Ritterkreuzträger) yang diselenggarakan di Regensburg pada tahun 1958. Duduk di depan dari kiri ke kanan: Heinz lammerding (Das Reichh), Ernst August Krag (Das Reich), Joachim "Jochen" Peiper (Leibstandarte), dan Ernst Barkmann (Das Reich). Dua yang terakhir adalah rekan seperjuangan dari sejak tahun 1945 di Austria ketika Peiper memasukkan unit Barkmann ke dalam Kampfgruppe-nya meskipun dalam waktu yang tidak terlalu lama

---------------------------------------------------------------------------------

1960-an 


Para mantan perwira Armeeoberkommando 6 (AOK 6) dalam acara reuni yang diselenggarakan pada bulan Juni 1969 di Wiesbaden, Jerman. Semuanya pernah merasakan berada di neraka Stalingrad: beberapa dari mereka terbang meloloskan diri dari pengepungan Tentara Merah, sementara yang lainnya berhasil selamat dari bertahun-tahun tinggal di kamp tawanan Soviet. Dua orang dari mereka (Ullrich dan Hahn) bernasib lebih beruntung karena berhasil keluar dari Stalingrad sebelum kepungan dimulai di bulan November 1942. Dari kiri ke kanan:  1.Hans Leo Walter von Luttitz (IIb - 2. Adjutant 6. Armee), 2.Karl Schmid-Lossberg (Ia - 1. Generalstabsoffizier Höherer Artillerie-Kommandeur 310), 3.August Ullrich (Kommandant Hauptquartier-Kompanie 6. Armee), 4.Ina Selle (istri Herbert Selle), 5.Artur Neuman (III - Armeerichter 6. Armee), 6.Rolf Galler (Ic - Dolmetscher 6. Armee), 7.Arthur Schmidt (Chef des Generalstabes 6. Armee), 8.Fritz Hahn (Deputi Ib - 2. Generalstabsoffizier 6. Armee), 9.Josef Linden (Offizier in Oberquartiermeister 6. Armee), 10.Dietrich Sewing (Luftwaffe verbindungsoffizier in der 6. Armee), 11.Otto Erich Purper (Adjudant Versorgungspersonal Stab 6. Armee), dan 12.Siegfried Blumke (Geheimdienstoffizier Nähkampfgruppe 7 / 6.Armee)


 Para mantan perwira Armeeoberkommando 6 (AOK 6) dalam acara reuni yang diselenggarakan pada bulan Juni 1969 di Wiesbaden, Jerman. Semuanya pernah merasakan berada di neraka Stalingrad: beberapa dari mereka terbang meloloskan diri dari pengepungan Tentara Merah, sementara yang lainnya berhasil selamat dari bertahun-tahun tinggal di kamp tawanan Soviet. Dua orang dari mereka (Ullrich dan Hahn) bernasib lebih beruntung karena berhasil keluar dari Stalingrad sebelum kepungan dimulai di bulan November 1942. Dari kiri ke kanan: 1.Fritz Hahn (Deputi Ib - 2. Generalstabsoffizier 6. Armee), 2.Dietrich Sewing (Luftwaffe verbindungsoffizier in der 6. Armee), 3.Hans Leo Walter von Luttitz (IIb - 2. Adjutant 6. Armee), 4.Rolf Galler (Ic - Dolmetscher 6. Armee), 5.Karl Schmid-Lossberg (Ia - 1. Generalstabsoffizier Höherer Artillerie-Kommandeur 310), dan 6.August Ullrich (Kommandant Hauptquartier-Kompanie 6. Armee)



Para mantan perwira Armeeoberkommando 6 (AOK 6) dalam acara reuni yang diselenggarakan pada bulan Juni 1969 di Wiesbaden, Jerman. Semuanya pernah merasakan berada di neraka Stalingrad: beberapa dari mereka terbang meloloskan diri dari pengepungan Tentara Merah, sementara yang lainnya berhasil selamat dari bertahun-tahun tinggal di kamp tawanan Soviet. Dua orang dari mereka bernasib lebih beruntung karena berhasil keluar dari Stalingrad sebelum kepungan dimulai di bulan November 1942. Dari kiri ke kanan: 1.Josef Linden (Offizier in Oberquartiermeister 6. Armee), 2.Tamu tak dikenal (tidak ada dalam susunan perwira 6. Armee), 3.Artur Neuman (III - Armeerichter 6. Armee), 4.Tamu tak dikenal / Palter? (tidak ada dalam susunan perwira 6. Armee), 5.Arthur Schmidt (Chef des Generalstabes 6. Armee), dan 6.Wilhelm Arnold (Armee-Nachrichtenführer 6. Armee)

---------------------------------------------------------------------------------


1980-an

 Dietrich Hrabak (kiri) dan Gerhard Barkhorn dalam acara perayaan ulang tahun Hrabak yang diselenggarakan di Münich. Hrabak adalah mantan Geschwaderkommodore Jagdgeschwader 52 sementara Barkhorn adalah mantan Gruppenkommandeur II.Gruppe / Jagdgeschwader 52 yang merupakan bawahan Hrabak. Tidak disebutkan perayaan keberapa ulangtahunnya (Hrabak lahir tanggal 19 Desember 1914) atau kapan foto ini diambil, tapi kemungkinan awal tahun 1980-an


 Pertemuan para veteran Wehrmacht dan Waffen-SS peraih Ritterkreuz (Ritterkreuzträger) pasca Perang Dunia II. Dari kiri ke kanan : Heinrich 'Hein' Springer (Ritterkreuz 12 Januari 1942; pangkat terakhir SS-Sturmbannführer), Ernst Barkmann (Ritterkreuz 27 Agustus 1944; pangkat terakhir SS-Oberscharführer), Heinz Macher (Ritterkreuz 3 April 1943 dan Eichenlaub 19 Agustus 1944; pangkat terakhir SS-Sturmbannführer), Erich Eichler (Ritterkreuz 21 September 1944; pangkat terakhir Major), Theodor Wisch (Ritterkreuz 15 September 1941, Eichenlaub 12 Februari 1944 dan Schwerter 30 Agustus 1944; pangkat terakhir SS-Brigadeführer und Generalmajor der Waffen-SS), Günther-Eberhard Wisliceny (Ritterkreuz 30 Juli 1943, Eichenlaub 26 Desember 1944 dan Schwerter 6 Mei 1945; pangkat terakhir SS-Obersturmbannführer), Albert Stenwedel (Ritterkreuz 3 Mei 1945; pangkat terakhir SS-Sturmbannführer), Willy Hein (Ritterkreuz 4 Mei 1944; pangkat terakhir SS-Hauptsturmführer der Reserve), dan Werner Meyer (Ritterkreuz 4 Mei 1944; pangkat terakhir SS-Hauptsturmführer)


 Foto koleksi Mark C. Yerger ini memperlihatkan empat orang Schwerternträger (peraih Schwerter zum Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes mit Eichenlaub) berfoto bersama dalam sebuah acara reuni mantan anggota SS-Regiment "Der Führer" di Lenggries awal tahun 1980-an. Dari kiri ke kanan: Otto Weidinger (mantan perwira dari Divisi SS Das Reich yang mendapatkan Schwerter #150 tanggal 6 Mei 1945. Pangkat terakhir SS-Obersturmbannführer), Heinz Harmel (mantan Komandan Divisi SS Frundsberg yang mendapatkan Schwerter #116 tanggal 15 Desember 1944. Pangkat terakhir SS-Brigadeführer), Otto Kumm (mantan Komandan Divisi SS Prinz Eugen yang mendapatkan Schwerter #138 tanggal 17 Maret 1945. Pangkat terakhir SS-Brigadeführer), dan Otto Baum (mantan Komandan Divisi SS Das Reich yang mendapatkan Schwerter #95 tanggal 2 September 1944. Pangkat terakhir SS-Oberführer). Tiga Otto dan satu Heinz!


 Para veteran Waffen-SS dalam sebuah acara reuni yang diadakan seusai perang. termasuk diantaranya adalah anggota awal Leibstandarte SS Adolf Hitler tahun 1933. Dari kiri ke kanan: Theodor "Teddy" Wisch, Jöhnke (di belakang Wisch), Blöth (di belakang Mohnke), Wilhelm Mohnke, Rudolf Sandig, Helmut Beermann, Bergmann, Johannes "Hans" Wellershaus, Alfred Gilles, Albert Stenwedel, Nebel, Karl Auer, Hans Krüger, Hermann Petersen, Karl Rettlinger, Alfred Bünning, Karl Grewe, Karl Kreutz, Dr. Harald Wagner, Meyer, dan Webers


OdR (Ordensgemeinschaft der Ritterkreuzträger des Eisernen Kreuzes e. V.) Treffen tahun 1985. Dari kiri ke kanan: Willi Fey (25 September 1918 - 29 April 2002. Ritterkreuz tanggal 29 April 1945 sebagai SS-Oberscharführer dan  Panzerkommandant di schwere SS-Panzer-Abteilung 502. Pangkat terakhir: SS-Standartenoberjunker) serta Paul Albert Kausch (3 Maret 1911 - 27 Oktober 2001. Ritterkreuz tanggal 23 Agustus 1944 sebagai SS-Obersturmbannführer dan Kommandeur SS-Panzer-Abteilung 11 "Hermann von Salza"; Eichenlaub #845 tanggal 23 April 1945 sebagai SS-Obersturmbannführer dan Kommandeur SS-Panzer-Regiment 11. Pangkat terakhir: SS-Obersturmbannführer "Hermann von Salza")

---------------------------------------------------------------------------------
 
1990-AN

 Dari kiri ke kanan: Herbert Schmeißer, Sylvester Stadler, Günter Liersch, dan Karl Conrad pada acara reuni SS Nachrichtenkameradschaft bulan Mei 1990. Keempat orang ini pernah bertugas di Fernsprechkompanie / Nachrichtensturmbann / SS-Verfügungstruppe tahun 1936. Schmeißer nantinya menjadi Nachrichtenoffizier di SS-Nachrichten-Abteilung 5 "Wiking"; Stadler menjadi perwira infanteri dan komandan 2. SS-Panzer-Division "Das Reich"; Liersch menjadi TFK (Technischer Führer Kraftfahrzeugwesen) di SS-Panzer-Regiment 3 "Totenkopf"; dan Conrad menjadi TFK di SS-Panzergrenadier-Regiment 4 "Der Führer"


 
Kedua orang ini sama-sama pernah bertugas di SS-Panzer-Regiment "Das Reich" dalam Perang Dunia II dan sama-sama dianugerahi Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes sebagai penghargaan atas keberanian mereka di medan tempur. Setelah 60 tahun berlalu dan mereka masih tetap menjadi sahabat dekat! Dari kiri ke kanan: Fritz Langanke (5 Juli 1919 - 20 Juli 2012) dan Ernst Barkmann (25 Agustus 1919 - 27 Juni 2009)

---------------------------------------------------------------------------------
 
2000-AN

OdR (Ordensgemeinschaft der Ritterkreuzträger des Eisernen Kreuzes e. V.) Treffen tahun 2000. Dari kiri ke kanan: Georg Bose (20 Oktober 1921 - 26 September 2011. Ritterkreuz tanggal 21 September 1944 sebagai Leutnant dan Zugführer di 1.Batterie / Sturmgeschütz-Abteilung 177. Pangkat terakhir: Leutnant), Ludwig Bauer (Lahir 16 Februari 1923. Ritterkreuz tanggal 29 April 1945 sebagai Leutnant dan Führer I.Abteilung / Panzer-Regiment 33 "Prinz Eugen" / 9.Panzer-Division. Pangkat terakhir: Leutnant), Dr. Gerhard Gutmacher (31 Oktober 1917 - 31 Maret 2008. Ritterkreuz tanggal 14 Januari 1945 sebagai Hauptmann dan Führer I.Bataillon / Grenadier-Regiment 178 / 76.Infanterie-Division. Pangkat terakhir: Hauptmann), Georg Bleher (4 Februari 1919 - 25 Februari 2013. Ritterkreuz tanggal 6 Mei 1945 sebagai Oberleutnant der Reserve dan Adjutant I.Bataillon / Grenadier-Regiment 358 / 205.Infanterie-Division. Pangkat terakhir: Oberleutnant der Reserve), Wilhelm Dipberger (30 Mei 1918 - 10 September 2005. Ritterkreuz tanggal 9 Januari 1945 sebagai Fahnenjunker-Oberfeldwebel dan Beobachter Stab / Kampfgeschwader 6. Pangkat terakhir: Fahnenjunker-Oberfeldwebel), Wilhelm Walther (27 Januari 1910 - 25 November 2010. Ritterkreuz tanggal 24 Juni 1940 sebagai Oberleutnant dan Stoßtruppführer 4.Kompanie / Bau-Lehr-Bataillon z.b.V. 800 "Brandenburg". Pangkat terakhir: Oberstleutnant), Otto Binnig (18 Desember 2003 - 27 Mei 2005. Ritterkreuz tanggal 5 Oktober 1944 sebagai Obergefreiter dan Melder di 7.Kompanie / II.Bataillon / Grenadier-Regiment 463 / 263.Infanterie-Division. Pangkat terakhir: Unteroffizier), dan Karl Wiegand (4 Desember 1918 - 19 Januari 2006. Ritterkreuz tanggal 9 Mei 1942 sebagai Oberleutnant dan Chef 2.Batterie / I.Abteilung / Flak-Regiment 18 [motorisiert].Pangkat terakhir: Hauptmann). Dari delapan orang Ritterkreuzträger (peraih medali Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes) yang hadir dalam acara reuni tahun 2000 tersebut, hanya Ludwig Bauer yang masih hidup sampai saat tulisan ini dibuat (Senin Pahing tanggal 28 November 2016 / 28 Shafar 1438 / 29 Oktober 2016 Bing-Shen / 27 Sapar 1950)


 Acara 50 tahun organisasi para peraih Ritterkreuz, OdR (Ordensgemeinschaft der Ritterkreuzträger des Eisernen Kreuzes e. V.), yang diselenggarakan di Stadthalle Hameln, Jerman, pada tahun 2004. Para anggotanya berfoto bersama, termasuk pula non-Ritterkreuzträger. Duduk di baris depan, dari kiri ke kanan: Heinrich Keese (18 April 1918 - 27 Mei 2006. Ritterkreuz tanggal 20 Oktober 1944 sebagai Oberleutnant der Reserve dan Chef 2.Kompanie / Pionier-Bataillon 20 / 20.Panzergrenadier-Division; Eichenlaub #805 tanggal 28 Maret 1945 sebagai Major der Reserve dan Kommandeur Pionier-Bataillon 20 / 20.Panzergrenadier-Division. Pangkat terakhir: Major der Reserve), Erwin Kressmann (Lahir 2 Juni 1918. Ritterkreuz tanggal 9 Desember 1944 sebagai Hauptmann dan Chef 1.Kompanie / schwere Panzerjäger-Abteilung 519. Pangkat terakhir: Hauptmann), Achim Wunderlich (17 Juli 1912 - 25 Maret 2012. Ritterkreuz tanggal 31 Desember 1944 sebagai Major dan Kommandeur Divisions-Füsilier-Bataillon 205 / 205.Infanterie-Division. Pangkat terakhir: Major), Wilhelm Dipberger (30 Mei 1918 - 10 September 2005. Ritterkreuz tanggal 9 Januari 1945 sebagai Fahnenjunker-Oberfeldwebel dan Beobachter Stab / Kampfgeschwader 6. Pangkat terakhir: Fahnenjunker-Oberfeldwebel), Georg Bleher (4 Februari 1919 - 25 Februari 2013. Ritterkreuz tanggal 6 Mei 1945 sebagai Oberleutnant der Reserve dan Adjutant I.Bataillon / Grenadier-Regiment 358 / 205.Infanterie-Division. Pangkat terakhir: Oberleutnant der Reserve), Anton Müller (12 April 1914 - 27 Juli 2006. Ritterkreuz tanggal 10 September 1944 sebagai Hauptmann dan Führer I.Bataillon / Grenadier-Regiment 501 / 290.Infanterie-Division; Eichenlaub #738 tanggal 14 Februari 1945 sebagai Hauptmann dan Kommandeur II.Bataillon / Grenadier-Regiment 503 / 290.Infanterie-Division. Pangkat terakhir: Major), August Kaminski (9 Agustus 1914 - 15 Agustus 2012. Ritterkreuz tanggal 6 Oktober 1944 sebagai Oberfeldwebel dan Zugführer di 3.Kompanie / schwere Panzerjäger-Abteilung 655. Pangkat terakhir: Oberfeldwebel), Wolfram Kertz (29 Juli 1916 - 5 Mei 2009. Ritterkreuz tanggal 4 Oktober 1944 sebagai Oberleutnant der Reserve dan Führer 8.Kompanie / Kampfgruppe "Bruhn". Pangkat terakhir: Major der Reserve), dan Dr. Gerhard Gutmacher (31 Oktober 1917 - 31 Maret 2008. Ritterkreuz tanggal 14 Januari 1945 sebagai Hauptmann dan Führer I.Bataillon / Grenadier-Regiment 178 / 76.Infanterie-Division. Pangkat terakhir: Hauptmann). Baris kedua: Reinhard Günzel (lahir 5 Juni 1944. Pensiunan Brigadegeneral di Bundeswehr. Non-Ritterkreuzträger), Korbinian Viechter (27 November 1914 - 12 Februari 2006. Ritterkreuz tanggal 20 Oktober 1944 sebagai Leutnant der Reserve dan Führer 4.Kompanie / Grenadier-Regiment 42 / 46.Infanterie-Division. Pangkat terakhir: Oberleutnant der Reserve), Gerd Schultze-Rhonhof (lahir 26 Mei 1939. Pensiunan Generalmajor di Bundeswehr. Non-Ritterkreuzträger), Joachim Philipp (peraih Eisernes Kreuz II.Klasse. Non-Ritterkreuzträger), Günter Braake (lahir 10 April 1921. Ritterkreuz tanggal 27 Agustus 1944 sebagai Oberleutnant dan stellvertreter Führer I.Bataillon / Grenadier-Regiment 422 / 126.Infanterie-Division. Pangkat terakhir: Hauptmann), Heinz Rökker (lahir 10 Oktober 1920. Ritterkreuz tanggal 27 Juli 1944 sebagai Oberleutnant dan Staffelkapitän 2.Staffel / I.Gruppe / Nachtjagdgeschwader 2; Eichenlaub #781 tanggal 12 Maret 1945 sebagai Hauptmann dan Staffelkapitän 2.Staffel / I.Gruppe / Nachtjagdgeschwader 2. Pangkat terakhir: Hauptmann), Hans-Joachim Heinrici (lahir 16 April 1918. Ritterkreuz tanggal 14 Februari 1945 sebagai Hauptmann dan Führer II.Bataillon / Grenadier-Regiment 431 / 131.Infanterie-Division. Pangkat terakhir: Hauptmann), Walter Zurmöhle (13 Mei 1916 - 7 Februari 2008. Ritterkreuz tanggal 5 April 1944 sebagai Oberleutnant der Reserve dan Chef 1.Kompanie / Pionier-Bataillon 6 / 6.Feld-Division. Pangkat terakhir: Hauptmann der Reserve), Giselher Wilke (18 April 1922 - 18 Februari 2007. Ritterkreuz tanggal 14 April 1945 sebagai Leutnant der Reserve dan Zugführer di 1.Kompanie / Panzerjäger-Abteilung 19 / 19.Panzer-Division. Pangkat terakhir: Leutnant der Reserve), Ludwig Bauer (Lahir 16 Februari 1923. Ritterkreuz tanggal 29 April 1945 sebagai Leutnant dan Führer I.Abteilung / Panzer-Regiment 33 "Prinz Eugen" / 9.Panzer-Division. Pangkat terakhir: Leutnant), Alois Schnaubelt (16 Januari 1921 - 11 Desember 2012. Ritterkreuz tanggal 16 November 1944 sebagai SS-Unterscharführer dan Geschützführer di 3.Batterie / SS-Flak-Abteilung 5 / 5.SS-Panzer-Division "Wiking". Pangkat terakhir: SS-Oberscharführer), Artur Becker-Neetz (lahir 31 Desember 1920. Ritterkreuz tanggal 25 Agustus 1941 sebagai Unteroffizier dan Gruppenführer di 7.Kompanie / II.Bataillon / Schützen-Regiment 394 / Schützen-Brigade 3 / 3.Panzer-Division. Pangkat terakhir: Leutnant der Reserve), Heinrich Südel (23 April 1920 - 12 Agustus 2011. Ritterkreuz tanggal 7 April 1945 sebagai Oberleutnant dan Beobachter und Ia I.Gruppe / Kampfgeschwader 55 "Greif". Pangkat terakhir: Oberleutnant), Martin Drewes (20 Oktober 1918 - 13 Oktober 2013. Ritterkreuz tanggal 27 Juli 1944 sebagai Hauptmann dan Gruppenkommandeur III.Gruppe / Nachtjagdgeschwader 1. Eichenlaub #839 tanggal 17 April 1945 sebagai Major dan Gruppenkommandeur III.Gruppe / Nachtjagdgeschwader 1. Pangkat terakhir: Major), Werner Kindler (lahir 15 Juli 1922. Peraih Deutsches Kreuz in Gold dan Nahkampfspange in Gold. Non-Ritterkreuzträger), dan Karl-Walter Lapp (2 Mei 1913 - 19 Desember 2005. Ritterkreuz tanggal 14 Agustus 1944 sebagai Kommandeur Ski-Bataillon 82 / 7.Gebirgs-Division. Pangkat terakhir: Major). Baris ketiga: Wilhelm Noller (28 November 1919 - 26 Desember 2011. Ritterkreuz tanggal 6 April 1944 sebagai Fahnenjunker-Feldwebel dan Flugzeugführer di 2.Staffel / I.Gruppe / Schlachtgeschwader 2 "Immelmann". Pangkat terakhir: Leutnant), Herbert Fries (lahir 1 Maret 1925. Ritterkreuz tanggal 5 September 1944 sebagai Gefreiter dan Geschützführer di 2.Kompanie / Fallschirm-Panzerjäger-Abteilung 1 / 1.Fallschirmjäger-Division. Pangkat terakhir: Oberfähnrich), Herbert Reimer (peraih Eisernes Kreuz I.Klasse. Non-Ritterkreuzträger), Franz Weber (lahir 30 November 1921. Ritterkreuz tanggal 28 Oktober 1944 sebagai Obergefreiter di  8.Kompanie / II.Bataillon / Jäger-Regiment 28 / 8.Jäger-Division. Pangkat terakhir: Obergefreiter), Walter Heinlein (peraih Deutsches Kreuz in Gold. Non-Ritterkreuzträger), Willi Reschke (lahir 3 Februari 1922. Ritterkreuz tanggal 20 April 1945 sebagai Oberfeldwebel dan Flugzeugführer di Stab Jagdgeschwader 301. Pangkat terakhir: Oberfeldwebel), Kurt Schließmann (6 Agustus 1920 - 16 Januari 1925. Ritterkreuz tanggal 18 Januari 1945 sebagai Hauptmann dan Chef 1.Batterie / Sturmgeschütz-Brigade 286. Pangkat terakhir: Hauptmann), Hinrich Ahrens (15 Maret 1921 - 31 Desember 2009. Ritterkreuz tanggal 9 Januari 1945 sebagai Unteroffizier dan Geschützführer di 13.Kompanie / III.Bataillon / Grenadier-Regiment 1141 / 561.Volks-Grenadier-Division. Pangkat terakhir: Feldwebel), Helmut Jeserer (lahir 30 November 1911. Ritterkreuz tanggal 30 April 1945 sebagai Hauptmann dan Kommandeur II.Bataillon / Sturm-Regiment 215 / 78.Volks-Sturm-Division. Pangkat terakhir: Hauptmann), Günther Bahr (18 Juli 1921 - 24 September 2009. Ritterkreuz tanggal 28 Maret 1945 sebagai Oberfeldwebel dan Flugzeugführer di I.Gruppe / Nachtjagdgeschwader 6. Pangkat terakhir: Oberfeldwebel), Kurt Bischof (16 Desember 1924 - 11 Januari 2013. Ritterkreuz tanggal 14 April 1945 sebagai Obergefreiter der Reserve di 5.Kompanie / II.Bataillon / Grenadier-Regiment 337 / 208.Infanterie-Division. Pangkat terakhir: Obergefreiter der Reserve), dan Georg Bose (20 Oktober 1921 - 26 September 2011. Ritterkreuz tanggal 21 September 1944 sebagai Leutnant dan Zugführer di 1.Batterie / Sturmgeschütz-Abteilung 177. Pangkat terakhir: Leutnant). Baris keempat: Roman Gastager (peraih Deutsches Kreuz in Gold. Non-Ritterkreuzträger), Siegfried Brosow (10 Desember 1918 - 18 November 2008. Ritterkreuz tanggal 13 November 1943 sebagai SS-Hauptsturmführer dan Chef 1.Kompanie / SS-Panzer-Pionier-Bataillon 2 / 2.SS-Panzer-Division "Das Reich". Pangkat terakhir: SS-Obersturmbannführer), Heinz Heuser (peraih Eisernes Kreuz I.Klasse. Non-Ritterkreuzträger), Max Zastrow (lahir 12 Oktober 1922. Ritterkreuz tanggal 6 Maret 1944 sebagai Gefreiter dan MG-Schütze di 2.Kompanie / Pionier-Bataillon 81 / 45.Infanterie-Division. Pangkat terakhir: Unteroffizier), dan Gerhard Flechsig (20 November 1919 - 17 Mei 2008. Ritterkreuz tanggal 18 November 1944 sebagai Feldwebel dan Zugführer di Stabskompanie / Panzergrenadier-Regiment 12 / 4.Panzer-Division. Pangkat terakhir: Oberleutnant). Baris kelima: Dieter Damerius (lahir 17 April 1924. Ritterkreuz tanggal 24 Februari 1945 sebagai Leutnant der Reserve dan Führer 5.Kompanie / II.Bataillon / Grenadier-Regiment 273 / 93.Infanterie-Division. Pangkat terakhir: Leutnant der Reserve), Heinrich Köhler (3 Juli 1922 - 25 Juni 2009. Ritterkreuz tanggal 20 April 1945 sebagai Leutnant der Reserve dan Zugführer di 3.Kompanie / Sturmgeschütz-Abteilung 210. Pangkat terakhir: Leutnant der Reserve), Hendrick Verton (peraih Eisernes Kreuz I.Klasse. Non-Ritterkreuzträger), Bruno Schmelzinger (lahir 31 Januari 1922. Ritterkreuz tanggal 10 September 1944 sebagai Unteroffizier dan Gewehrführer di 4.Kompanie / I.Bataillon / Grenadier-Regiment 544 / 389.Infanterie-Division. Pangkat terakhir: Feldwebel), Heinz Jürgens (23 Maret 1917 - 7 Juli 2008. Ritterkreuz tanggal 9 Mei 1945 sebagai SS-Hauptsturmführer dan  Kommandeur SS-Panzer-Aufklärungs-Abteilung 4 /  4.SS-Polizei-Panzergrenadier-Division. Pangkat terakhir: SS-Hauptsturmführer), Erich Schlemminger (17 September 1908 - 7 November 2011. Ritterkreuz tanggal 29 Februari 1944 sebagai Major dan Kommandeur Divisions-Füsilier-Bataillon 168 / 168.Infanterie-Division. Pangkat terakhir: Major), Friedrich Rumpelhardt (19 Juni 1920 - 20 Januari 2011. Ritterkreuz tanggal 27 Juli 1944 sebagai Leutnant dan Bordfunker di IV.Gruppe / Nachtjagdgeschwader 1. Pangkat terakhir: Leutnant), dan Günter Frenzel (19 Maret 1919 - 12 Maret 2011). Ritterkreuz tanggal 23 Desember 1942 sebagai Feldwebel dan Flugzeugführer di 11.Staffel / IV.Gruppe / Kampfgeschwader z.b.V. 1. Pangkat terakhir: Leutnant). Baris keenam: Ernst Büntgens (peraih Eisernes Kreuz II.Klasse. Non-Ritterkreuzträger), Kolonel David Savranski (dari Rusia. Non-Ritterkreuzträger), Hans-Joachim "Hajo" Herrmann (1 Agustus 1913 - 5 November 2010. Ritterkreuz tanggal 13 Oktober 1940 sebagai Oberleutnant dan Staffelkapitän 7.Staffel / II.Gruppe / Kampfgeschwader 4 "General Wever"; Eichenlaub #269 tanggal 2 Agustus 1943 sebagai Major dan Geschwaderkommodore Jagdgeschwader 300; Schwerter #43 tanggal 23 Januari 1944 sebagai Oberst dan Inspekteur der deutschen Luftverteidigung. Pangkat terakhir: Oberst), Johannes Richter (20 September 1917 - 24 April 2008. Ritterkreuz tanggal 30 September 1944 sebagai Oberfeldwebel dan Bordfunker di Nachtjagdgeschwader 10. Pangkat terakhir: Oberfeldwebel), serta Günter Halm (lahir 27 Agustus 1922. Ritterkreuz tanggal 29 Juli 1942 sebagai Grenadier dan Richtschütze di Pak-Zug StabsKompanie / Panzergrenadier-Regiment 104 / 15.Panzer-Division. Pangkat terakhir: Leutnant)



Sumber :
Buku "Der Dienst" karya Reinhard Gehlen 
Buku "Flucht Über die Ostsee 1944-45 im Bild" karya Heinz Schön
Buku "Soldat in stürzenden Reichen" karya Lothar Rendulic
Foto koleksi Bundesarchiv Jerman

Foto koleksi pribadi John P. Moore
Foto koleksi pribadi Mark C. Yerger

Foto koleksi pribadi Markus Lippl
Foto koleksi pribadi Paul E.
www.deutsche-marinesoldaten.de
www.commons.wikimedia.org

www.de.metapedia.org
www.en.wikipedia.org
www.feldgrau.com

www.feldgrau.net 
www.forum.axishistory.com
www.gettyimages.com
www.lagoticaritrovata.it
www.lewisheatonbooks.com
www.luftwaffeinprofile.se
www.militaria321.com
www.regencystamps.com
www.ritterkreuztraeger-1939-45.de
www.rommel-lebt.com

www.stalingrad.net
www.warrelics.eu
www.wehrmacht-awards.com
www.ww2awards.com

No comments: